Selasa, 25 Oktober 2011

Mengenal Senjata Api


Senjata api adalah senjata yang melepaskan satu atau lebih proyektil yang didorong dengan kecepatan tinggi oleh gas yang dihasilkan oleh pembakaran suatu propelan. Proses pembakaran cepat ini secara teknis disebut deflagrasi. Senjata api dahulu umumnya menggunakan bubuk hitam sebagai propelan, sedangkan senjata api modern kini menggunakan bubuk nirasap, cordite, atau propelan lainnya. Kebanyakan senjata api modern menggunakan laras melingkar untuk memberikan efek putaran pada proyektil untuk menambah kestabilan lintasan.

Secara garis besar senjata api terbagi menjadi :
  1. Senjata genggam (pistol)
  2. Senapan (rifle)
  3. Senapan mesin ringan (sub machine gun)
  4. Senapan mesin (machine gun)

1. Senjata genggam (pistol)

Merupakan senjata genggam yang dapat ditembakkan dengan satu tangan. Bentuknya kecil dan dapat digenggam dengan satu tangan. Secara garis besar, pistol terbagi menjadi :
 
  • Pistol revolver, menggunakan silinder berputar (revolve) sebagai tempat pelurunya. Kapasitas peluru biasanya 5 – 9 butir. Bekerja dengan mekanisme putaran silider untuk mengganti peluru yang akan ditembakkan melalui pemukulan pelatuk (hammer) pada titik picu di selongsong peluru. Pistol-pistol jenis ini banyak digunakan pada jaman cowboy. Di Indonesia umumnya digunakan oleh Polisi Lalu Lintas. 
  • Pistol Semi Otomatis, menggunakan magazine sebagai tempat peluru. Kapasitas pelurunya lebih besar daripada revolver, bisasanya terdiri 9 – 20 butir per magazine. Proses menembakkan proyektil, mengeluarkan selongsong peluru dari kamar peluru dan mengambil peluru dari magazine dilakukan dengan memanfaatkan gas hasil ledakan peluru, dimana saat pelatuk (hammer) mundur ke belakang, maka secara bersamaan selongsong peluru akan keluar dari kamar peluru dan peluru baru akan masuk ke kamar peluru. Jenis pistol ini banyak digunakan oleh militer dan polisi khusus. Kalau di Indonesia Brigade Mobil salah satu usernya. 







2. Senapan (rifle)

Senapan adalah senjata yang memiliki ukuran laras yang panjang dan biasanya digunakan untuk menjangkau jarak tembakan yang jauh dan mampu menembak dengan akurasi yang tinggi. Biasanya ditembakkan dengan bertumpu pada bahu. secara garis besar, jenis senapan yang banyak digunakan adalah :

  • Senapan grendel (bolt action), merupakan senapan laras panjang yang biasanya digunakan oleh Sniper (penembak runduk). Akurasinya sangat tinggi karena menggunakan mekanisme manual (grendel) untuk mengeluarkan dan mengambil peluru. Senapan jenis ini juga banyak digunakan oleh para pemburu rusa dan babi liar




  • Senapan Serbu (Assault Rifle), digunakan untuk pertempuran jarak jauh dan dekat, biasanya digunakan oleh Militer atau Polisi Khusus. Memiliki laras yang panjang dan pendek, kadang-kadang sandaran bahunya (popor) dapat dilipat. Yang paling terkenal dari jenis senapan ini adalah AK 47 buatan Rusia dan M16 buatan Amerika. Varian yang terkenal dari M16 adalah M4A1 Carbine dan telah digunakan kesatuan elit seperti US Delta Force dan Densus 88.
M16 (atas) AK47 (bawah)



  • Shotgun, berupa senapan yang menggunakan amunisi ledak yaitu amunisi yang di dalamnya terdapat banyak gotri (mimis) kecil dimana ketika ditembakkan, gotri-gotri tersebut menyebar ke arah sasaran. Jadi prinsip kerjanya adalah meledakkan amunisi untuk menyebarkan gotri. Inilah yang membedakan shotgun dengan senapan umumnya yang menggunakan proyektil (mimis tunggal) untuk menghancurkan sasaran. Umumnya senapan ini digunakan untuk pertempuran jarak dekat. Salah satu penggunanya adalah LAPD (Los Angeles Police Department) dan Densus 88. 




3. Senapan mesin ringan (sub machine gun)

Merupakan senapan otomatis yang biasanya digunakan untuk pertempuran jarak dekat. Biasanya berlaras pendek namun mampu menembakkan peluru 500 – 1000 peluru per menit. Umumnya digunakan oleh kesatuan-kesatuan elit, baik militer maupun polisi.





4 Senapan mesin (machine gun)

Senapan mesin adalah senapan yang bekerja secara otomatis penuh, dapat memuntahkan 3000 – 5000 peluru menit. Umumnya digunakan untuk memecah kekuatan musuh, menghancurkan kendaraan, atau membabat gelombang penyerbuan. Biasanya hanya digunakan oleh Militer dan kesatuan khusus polisi. Salah satunya yang paling terkenal adalah minimi. Selain itu ada juga jenis senapan mesin yang paling sangar dan paling banyak memuntahkan peluru per menit, bahkan biasanya dipakai sebagai pertahanan rudal pada kapal. Senapan ini memiliki rangkaian laras yang berbentuk silider dan berputar selama penembakan. Senapan ini disebut gutling.

Minimi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar